Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Tubuh Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 27 Oktober 2014

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Tubuh


Ilmu pengetahuan modern  telah menetapkan bahwa orang yang berwudhu secara terus menerus, maka sungguh dia telah terhindar dari kuman. Berikut ini manfaat dari wudhu:

1. Berkumur     

Berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari radang dan menjaga gusi dari luka. Berkumur juga dapat menjaga dan membersihkan gigi dengan menghilangkan sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi setelah makan. Manfaat lainya adalah menguatkan otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya. Berkumur merupakan latihan penting yang diakui oleh pakar dalam bidang olahraga, karena berkumur jika dilakukan dengan menggerakkan otot-otot wajah dengan baik dapat menjadikan jiwa seseorang tenang.

2.ISTINSYAQ   

Istinsyaq berarti menghirup air dengan lubang hidung, melalui rongga hidung sampai ke tenggorokan bagian hidung (nasofaring). Fungsinya untuk mensucikan selaput dan lendir hidung yang tercemar oleh udara kotor dan kuman.

3. Membasuh Wajah dan Kedua Telapak Tangan   

 Membasuh wajah dan kedua telapak tangan sampai ke siku memiliki manfaat yang sangat besar dalam menghilangkan debu dan mikroba, lebih dari membasuh hidung. Membasuh wajah dan kedua telapak tangan sampai ke siku juga dapat menghilangkan keringat di permukaan kulit dan membersihkan kulit dari lemak yang dipartisi oleh kelenjar kulit yang biasanya menjadi tempat yang ideal untuk berkembang biaknya bakteri.   Begitu pula dengan pembersihan telinga sampai dengan pensucian kaki beserta telapak kaki yang yang tak kalah pentingnya untuk mencegah berbagai infeksi cacing yang masih menjadi masalah terbesar di negara kita.

4. Membasuh Kedua Telapak Kaki     

Membasuh kedua telapak kaki dengan memijat secara baik dapat mendatangkan perasaan tenang dan nyaman, karena telapak kaki merupakan cerminan seluruh perangkat tubuh. Orang berwudhu seakan-akan memijat seluruh tubuhnya satu-persatu, padahal ia hanya membasuh kedua telapak kakinya dengan air den memijatnya dengan baik. Ini merupakan salah satu rahasia timbulnya perasaan tenang dan nyaman yang dirasakan oleh seorang muslim setelah berwudhu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar