Manfaat lari kecil / jogging Manfaat lari kecil / jogging

Selasa, 28 Oktober 2014

Manfaat lari kecil / jogging




       Lari adalah kategori olahraga yang sangat sederhana, praktis, dan ekonomis. Lari tidak memerlukan banyak peralatan olahraga, kita hayhya memerlukan sepatu dan pakaian yang nyaman saja untuk melakukan olahraga lari saat pagi,siang, dan sore hari.
Lari disebut sebagai olahraga praktis karena lari dapat dilakaukan kapan saja dan dimana saja, lamam waktunya juga bisa kita sesuaikan sendiri. Meskipun begitu, manfaat lari untuk kesehatan tidak dapat diragukan, sebab bila kita melakukan rutinitas lari saat pagi,siang, dan sore hari, kita bisa memperoleh manfaat yang dijelaskan dibawah ini:


1. Menyehatkan Jantung    

    Lari adalah olahraga yang mempunyai efek aerobik yang sangat tinggi, dengan begitu maka dapat menguatkan jantung dan melancarkan peredaran darah diseluruh bagian tubuh kita. Jika kita berlari sejauh kurang lebih 16km dalam seminggu, sekitar 39% kita lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah dan juga jarang menumpuk kolesterol di dalam pembuluh darah kita hingga 34%.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh    

    Manfaat lari juga dapat menaikkan hormon sehingga baik dalam otak kita yang bertugas dalam meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh kita dari berbagai macam penyakit.

3. Mengurangi Lemak    

    Lari bisa membakar banyak lemak bersamaan dengan jumlah kalori yang dibakar saat semua bagian badan bergerak selama berlari. Lemak akan terus dibakar walaupun selesai berlari. Apabila kita berlari minimal empat kali dalam seminggu akan dapat membakar lemak lebih banyak daripada kita tidak melakukan kegiatan lari, bahkan ketika kita sudah beristirahat pun lemakdi dalam tubuh kita tetap terbakar.

4. Menjauhkan Dari Stress    

    Berdasarkan hasil penelitian kesehatan, berlari bisa menurunkan tingkat kecemasan, mengurangi perasaan marah dan kesal, dan meningkatkan produksi antidepresi.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak    

    Saat kita berlari, jumlah supplai oksigen yang ,asuk ke dalam darah akan meningkat, dengan begitu akan mempercepat aliran darah menuju otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi, kreaktivitas dan kesehatan mental.


Ada tambahan lagi untuk manfaat lari pagi, siang, sore, Sebenarnya perbedaan manfaatnya tidak terlalu jauh. Yang membedakan adalah kondisi lingkungan, perbedaannya yaitu:

- Lari Waktu Pagi: Udara oksigen di pagi hari masih bersih dan sinar matahari yang baru muncul terdapat kandungan vitamin D. Maka dari itu waktu yang paling baik untuk barlari adalah di pagi hari.

- Lari Waktu Siang: Saat siang hari, kadar oksigen menipis. Maka akan memaksa paru-paru bekerja lebih keras menghisap udara berkadar oksigen rendah yang akan berdampak lebih cepat membakar lemak dan kolesterol di badan sehingga tubuh lebih bugar.

- Lari Waktu Sore: Udara di sore hari adalah udara yang sejuk karena panas matahari tidak terlalu menyengat. Apabila anda berlari pada sore hari akan terasa lebih ringan daripada saat siang hari. Tetapi manfaat yang dudapatkan terlalu kecil.


Itulah manfaat lari pada pagi,siang, dan sore hari. Anda sudah tahu kan kalau lari bisa mndatangkan banyak manfaat, mulai sekarang jangan bermalas-malasan untuk berlari. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar