Manfaat Push Up Manfaat Push Up

Selasa, 28 Oktober 2014

Manfaat Push Up







Olahraga Push Up, Sit Up, Back Up, Pull Up, dan sejenisnya. Merupakan olahraga yang praktis dan simpel namun memiliki banyak manfaat, sudahkah tahu manfaatnya? kalau belum silakan disimak manfaat Push Up berikut ini:

1. Meningkatkan Kekuatan Otot Inti Tubuh
    Saat melakukan push up, kita dituntut untuk menjaga agar tulang belakang tetap lurus. Saat terjadi gerakan naik turun, terjadi perubahan beban termasuk pada otot-otot disekitar tulang belakang dan perut kita. Otot yang banyak terpengaruh saat push up terutama abdominus dan transversus abdominis.

2. Meningkatkan Metabolisme
    Saat kita melakukan push up, akan terjadi penggunaan otot dalam intensitas besar dalam waktu yang bersamaan terutama pada lengan, perut, dan kaki. Penggunaan sejumlah besar otot ini mendorong jantung memompa darah ke bagian-bagian tersebut. Pernapasan juga meningkat agar kebutuhan oksigen tercukupi. Satu atau dua set push up yang terdiri 10-30 repetisi akan meningkatkan metabolisme pada saat dilakukan dan sesudah dilakukan yang berkontribusi terhadap penurunan berat pada berat badan berlebihan.

3. Meningkatkan Massa Tulang
    Massa tulang secara alami menurun seiring dengan usia setelah mencapai puncaknya sekitar umur 30 tahun. Jika dibiarkan keropos, tulang ini dapat menyebabkan osteoporosis. Suatu kondisi medis yang ditandai dengan tulang lemah yang rentan terhadap cedera atau patah tulang. Melakukan latihan menahan beban seperti push up akan memperkuat tulang disekitar pergelangan lengan, siku, lengan atas dan bahu.

4. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan HGH    

    Push up dapat meningkatkan hormon pertumbuhan HGH di dalam tubuh.Tubuh kita memproduksi hormon ini dalam jumlah besar pada saat masih muda dan menurun seiring bertambahnya usia. HGH membantu pertumbuhan otot, meningkatkan kemampuan atletik, menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan massa tulang.


Sejatinya push up masih memiliki manfaat yang banyak lagi, tetapi hanya demikian yang bisa saya sampaikan. Kalau kita melakukan push up secara rutin, Insya ALLAH kita mendapatkan semua manfaat di atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar