Cara Mengobati Masuk Angin Cara Mengobati Masuk Angin

Senin, 03 November 2014

Cara Mengobati Masuk Angin





    Masuk angin adalah penyakit yang sering diderita banyak orang termasuk saya. Ada banyak faktor penyebab masuk angin, mulai dari pengaruh cuaca, menurunya kondisi tubuh, hingg virus menyebar.
Berikut ini adalah solusi untuk mengobati masuk angin:


 1. Vitamin C
      Konsumsi vitamin C memiliki khasiat yang sangat bagus untuk mengobati masuk angin, pasalnya vitamin C sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Biasanya masuk angin diawali dengan perut kembung dan sakit di sekitar langit-langit mulut ketika untuk menelan. Ketika anda sudah merasakan gejala tersebut segeralah konsumsi vitamin C dalam jumlah banyak contohnya jeruk.

2. Kerokan
    Kerokan adalah cara tradisional orang indonesia dalam mengobati masuk angin. Kerokan dilakukan dengan cara menggosokkan koin ke bagian punggung dengan menggunakan balsem, minyak kayu putih sampai seluruh bagian punggung meninggalkan bekas warna kemerahan atau keunguan.
   Saat dikerok, tubuh kita akan menghasilkan zat alami yaitu Thiamin yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit.

3. Air Jahe
    Jahe adalah salah satu bahan makanan paling ampuh untuk mengusir masuk angin. Untuk dijadikan obat masuk angin, jahe ditumbik, direbus, lalu airnya diminum. Jahe memiliki khasiat yang luar biasa untuk membuat tubuh menjadi hangat seketika.

4. Bawang Putih
    Bawang putih memiliki banyak khasiat yang sangat berguna untuk tubuh, pasalnya bawang memiliki kandungan Zat Allicin yang cukup tinggi, zat ini berfungsi sebagai antibiotik alami yang menghambat pertumbuhan bakteri dan virus dai dalam tubuh. Untuk mengkonsumsinya, cukup campurkan bawang putih ke dalam makanan anda dan anda juga bisa menggerusnya mentah-mentah.

5. Campuran Madu dan Teh Lemon
    Campuran ini bisa dibilang sebagai obat alternatif untuk masuk angin yang paling enak dikonsumsi. Madu dipercaya memiliki kandungan gizi yang bisa mempercepat proses regenerasi dan peremajaan sel-sel tubuh.
    Teh memiliki kandungan anti oksiden yang cukup tinggi yang bisa membuat tubuh rileks dan bermanfaat untuk membunuh zat-zat dan bakteri asing. Sementara lemon mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Sup Ayam
    Sup ayam memiliki khasiat ampuh untuk menangkal masuk angin atau bahkan menyembukanya. Agar efek sup ayam lebih terasa, cobalah untuk menambahkan sedikit merica dan lada ke dalam sup ayam.

7. Daun Pepaya
    Daun pepaya yang direbus bisa dikatakan mampu mengobati masuk angin, namun obat ini banyak dihindari karena rasanya pahit dan kurang enak., kandungan antibiotik alami dalam daun pepaya juga setara dengan bawang putih.
    Cara mengkonsumsinya cukup mudah. Ambil 4-5 lembar daun pepaya, cuci hingga bersih, kemudian rebus dalam kurang lebih satu liter air, rebus hingga air yang tertinggal hanya setengahnya, kemudian minumlah air rebusan tersebut.

Itulah cara mengatasi gejala masuk angin apabila anda menderita penyakit tersebut. Selamat mencoba!!
 
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar