Tentang Vitamin A Tentang Vitamin A

Senin, 03 November 2014

Tentang Vitamin A





   Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak, vitamin A sering merujuk pada senyawa retinol. Namun kelompok ini terdiri dari beberapa senyawa lain yaitu retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Berikut ini merupakan fungsi Vitamin A bagi tubuh manusia:


1.  Kesehatan Mata
     Vitamin A memiliki peranan penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu untuk menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar, senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

2. Antioksidan
    Salah satu vitamin A yang dikenal dengan Beta Karoten, merupakan senyawa dengan aktifitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh maupun polusi dari luar.

3. Sistem Imun
    Vitamin A juga berfungsi sebagai sistem imun eksternal yang melindungi tubuh dari radikal bebas, virus, bakteri, jamur, dan pantogen. Mencukupi asupan vitamin A harian berarti meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Penyembuhan Luka
    Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Pertumbuhan
    Vitamin A juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin, dan menentukan gen pada proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio.

6. Mencegah Kanker
    Vitamin A mampu melawan kanker dengan menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar