Sejarah Bendera Indonesia (Merah Putih) Sejarah Bendera Indonesia (Merah Putih)

Minggu, 18 Agustus 2013

Sejarah Bendera Indonesia (Merah Putih)

 




   Bendera Negara Indonesia adalah Merah Putih, namun bendera ini sebelumnya pernah digunakan oleh kerajaan - kerajaan di Indonesia. Karena itulah bangsa kita memilih bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan. Mari simak sejarah bendera Merah Putih.

 
   Bendera Merah Putih digunakan pertama kali oleh Kerajaan Singosari yang dibawah pimpinan Kertanegara saat mencapai puncak kejayaan nya di tahun 1292 yang saat itu datang pemberontakan oleh Jayakatwang dari Kerajaan Kediri.
 
   Selain Kerajaan Singosari, bendera Merah Putih juga digunakan oleh Kerajaan Mataram. Warna bendera ini dikenak sebagai Gula, Kelapa yang indentik dengan warna Gula=Merah Kelapa=Putih yang saat ini salah satu bentuknya masih tersimpan sebagai benda pusaka di Kerajaan Surakarta.

   Kemudian Selanjutnya di era Pangeran Diponegoro. Bendera Merah Putih berkibar di saat peperangan tahun 1825 - 1830 melawan pemerintah kolonial Belanda yang mempunyai catatan sejarah yang berharga. Kemudian Pangeran Diponegoro melihat ke arah Tegalrejo dan selanjutnya ke arah Selarong, disanalah tempat rakyat mengibarkan Bendera Merah Putih. Ketika Melihat Bendera Merah Putih berkibar, Pangeran Diponegoro mengucapkan kata - kata yang terkenal terhadap istrinya, Batnaningsing, "Perang telah mulai! Kita akan pindah ke Selarong. Pergilah Adinda kesana dan berikanlah segala intan permata serta emas perakmu kepada rakyat yang mengikuti kita. Akhirnya tahun 1830 Pangeran Diponegoro kalah dalam peperangan tersebut dan Bendera Merah Putih itupun tidak berkibar lagi.

  Sejarah berikutnya yaitu saat para mahasiswa Indonesia yang berada di Negeri Belanda mendirikan Perhimpunan Indonesia pada tahun 1920. Panji yang mereka pilih adalah Merah Putih Kepala Kerbau. Sedangkan tahun 1927 ir. Soekarno ( Presiden Pertama Republik Indonesia ) mensirikan parta yang bernama Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan Bendera Merah Putih yang dihiasi kepala Banteng sebagai lambang organisasinya.

  Pada tanggal 28 Oktober 1928, para Pemuda bernaung dibawah Bendera Merah Putih dengan lambang Garuda Terbang. selain itu Garuda Terbang menjadi lambang menjadi lambang tersendiri, sehingga tinggal Merah Putih. Saat menjelang Indonesia merdeka, panitia kecil yang diketuai Ki Hajar Dewantara ditugasi untuk meneliti bendera dan lagu kebangsaan Indonesia dan diputuskanlah kata sepakat arti ukuran serta lagu kebangsaan yaitu Merah berarti Berani, Putih berarti Suci yang berukuran panjang 3 meter dan lebar 2 meter. Sedangkan lagu kebangsaanya yaitu lagu Indonesia Raya yang diciptakan Wage Rudolf Supratman. Sebagai tindak lanjut penetapan bendera tersebut tertuang dalam UUD 1945 pasal 35 yang berbunyi "Bendera Negara Indonesia adalah Merah Putih"

Demikianlah Sejarah tentang Bendera Merah Putih, dan saya mohon maaf bila terjadi kesalahan dalam penulisan.
Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!!!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar