Perbedaan Linux dan Windows Perbedaan Linux dan Windows

Rabu, 21 Agustus 2013

Perbedaan Linux dan Windows

 





   Linux dan Windows merupakan sistem operasi komputer. Namun Linux merupakan sistem operasi yang terbuka (Open Source) yang berarti sistem ini gratis dan bisa dikembangkan oleh siapa saja. Sedangkan Windows adalah sistem operasi tertutup (Komersial) yang berarti sistem ini kita harus membeli lisensi dari perusahaan yang membuat microsoft tersebut kalau kita ingin menggunakan dan sistem ini tidak bisa dikembangkan.

 
   Linux mempunyai banyak macam karena dikembangkan oleh banyak orang macam Linux disebut Distro. Sementara Windows juga mempunyai banyak macam yang disebut Versi, namun Windows hanya dikembangkan oleh satu perusahaan saja.

   Berikut adalah perbedaan Linux dan Windows:
1. Ketahanan
   - Linux: Linux bisa bertahan dari serangan virus, tapi virus juga bisa masuk ke Linux namun tidak bisa berkembang.
   -  Windows: Windows sangat rentan terkena virus dan virus tersebut juga sangat cepat berkembang . Selain itu windows sering menjadi sasaran para Hacker.

2. Penggunaan
  -  Linux: Karena Linux dapat bertahan dari serangan virus, maka Source Codenya dapat diubah dengan mudah. Selain itu Linux juga sering digunakan untuk Administrator.
  - Windows: Windows memiliki Interface yang mudah digunakan, maka Windows sering digunakan oleh para pelajar dan pekerja.

3. Tampilan
  - Linux: Tampilan Linux hampir sama dengan tampilan Windows, tapi tampilan Linux sedikit monoton.
  - Windows: Tampilan Windows sangatlah berfariasi. Jadi kita dapat mengubah sedemikian rupa tampilanya.

4. Harga
  - Linux: Harga Linux sangat murah karena sifat Open Source yang dimiliki Linux. Anda hanya mengeluarkan biaya untuk akses internet yang digunakan untuk menginstall OS Linux.
  - Windows: Berbeda dengan harga Linux, justru harga Windows jauh lebih mahal namun tetap laris di pasaran karena sifat User Friendly yang terdapat pada Windows.

Inilah sebagian dari perbedaan Linux dan Windows.

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar