Pengertian Shorinji Kempo Pengertian Shorinji Kempo

Minggu, 21 Juli 2013

Pengertian Shorinji Kempo

Hari ini saya akan memposting artikel tentang Shorinji Kempo, hal ini saya sengaja memposting karena kebetulan saya sekarang ikut ekstra kulikuler Shorinji Kempo di SMKN 1 NGASEM KEDIRI. Jadi tak ada salahnya kan kalau saya memposting artikel ini!!! mari dibaca artikelnya.




















1. PengertianShorinji Kempo
    Kempo biasa disebut Shorinji Kempo (dalam bahasa Jepang) adalah salah satu seni bela diri yang berasal dari jepang. Shorinji Kempo di ciptakan oleh So Doshin pada tahun 1947 sebagai sistem pelatihan dan pengembangan diri di Jepang. Kata Shorinji Kempo berasal dari kata Sho= hutan, Rin= bambu, Ji= kuil, Ken aturan dan Kempo bermakna jalan hidup selain itu Pemain Kempo disebut Kenshi. Kempo dibagi menjadi dua teknik yaitu Goho (Keras) dan Juho (lunak) jadi setiap Kenshi diharuskan menguasai kedua teknik tersebut.

2. Lambang Shorinji Kempo
    Manji digunakan sebagai Tanda Shorinji Kempo. Manji memiliki dua arti yang menjadi satu kekuatan yaitu kasih sayang (menghadap kiri) dan
kekuatan (menghadap kanan) yang melambangkan ajaran Kongo-zen. Pada tahun 2005 lambang Shorinji Kempo di ganti dengan lambang baru sebagai simbol baru Shorinji Kempo di seluruh dunia. Tanda baru ini disebut so-en dan dikatakan bahwa ini adalak bentuk ekstrim dari sepasang manji. Tanda ini dan haknya dilindungi oleh Shorinji Kempo Group.


                                     Lambang Shorinji Kempo pada tahun 1947 - 2005






                                  Lambang Shorinji Kempo tahun 2005 - Sekarang













>> Wikipedia dengan sedikit perubahan

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar