Tips Berwirausaha Untuk Pemula Tips Berwirausaha Untuk Pemula

Jumat, 19 Desember 2014

Tips Berwirausaha Untuk Pemula



   Tujuan seorang Wirausaha menurut salah satunya adalah Membudayakan Semangat, Sikap, Perilaku dan Kemampuan kewirausahaan di kalangan masyarakat yang mampu, andal, dan unggul. Namun sebelum seorang wirausaha melakukan tujuan tersebut ia pun harus membangun sikap wirausaha sejati terlebih dahulu. Ciri-ciri Sikap Seorang Wirausaha adalah sebagai berikut :

1. Disiplin
    Disetiap kegiatannya, seorang pengusaha harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Yang mana ia harus memiliki ketetapan hati sekaligus komitmen terhadap setiap tugas dan pekerjaan.

2. Memiliki Komitmen Tinggi
    Sebuah komitmen adalah Kesepakatan suatu hal yang diciptakan oleh seseorang baik itu untuk orang lain maupun diri sendiri. Contoh komitmen pengusaha terhadap konsumennya ialah sebuah pelayanan yang memiliki harapan untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen dan kualitas produk.

3. Sikap Jujur
    Jujur adalah sebuah landasan moral yang terpenting. Setiap orang harus jujur dalam setiap kegiatannya jika tidak maka akan berakibat buruk.

4. Kreatif & Inovatif
    Untuk Menang dalam sebuah kompetisi persaingan apalagi itu adalah dalam bidang bisnis seorang pengusaha harus memiliki jiwa Kreatif dan Inovatif yang tinggi dalam setiap barang yang diproduksinya. Terobosan dalam setiap produk dapat meningkatkan tingkat minat dan ketertarikan konsumen untuk memborong produk yang dipasarkan sehingga sikap Kreatif dan Inovatif ini sangat diperlukan oleh sang pengusaha.

5. Mandiri
   
Mandiri disini artinya tidak memiliki sebuah ketergantungan terhadap orang lain dalam setiap kegiatan dan keputusan. Sifat ini bersifat mutlak karena dengan ini seorang pengusaha dapat meraih kesuksesannya.

6. Realistis
    Pengusaha dalam dikatakan memiliki sikap realistis apabila ia dapat memanfaatkan data fakta atau realita untuk mendorong mengambil keputusan yang tepat.

Selain enam hal diatas masih ada lagi sikap yang harus dimiliki seorang wirausaha untuk pemula diantaranya :
1. Sikap Pemimpin
2. Percaya Diri
3. Berorientasikan Tugas dan Hasil
4. Berani mengambil Risiko
5. Keorisinilan
6. Berorientasi ke masa depan
7. Prestatif
8. Kerja Keras

Sumber: Tips Berwirausaha Untuk Pemula (Sedikit Perubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar